Sejarah AKPAR NHI
Akademi Pariwisata NHI Bandung adalah sebuah Perguruan Tinggi Swasta yang berada di bawah naungan Yayasan Kopensi STPB. AKPAR NHI Bandung didirikan Pada tahun 2001 melalui kesepakatan antara Pimpinan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) dan Koperasi Pegawai Negeri Sipil (Kopensi) STPB dengan mendirikan sebuah Yayasan diberi nama Yayasan Kopensi STPB, tugas pokok didirikan Yayasan adalah mengurusi dan mengelola pendirian Lembaga Pendidikan swasta dilingkungan pegawai Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Adapun nama lembaga pendidikan yang didirikannya bernama Akademi Pariwisata NHI Bandung yang terdaftar berdasarkan Akte Notaris CLEMENTINE TITIN SENJAJA.,SH No. 2 Tanggal 17 April 2001 dan pembaharuan Akta Notaris Yayasan oleh LUCIA PRATIWI.,SH No.07 tanggal 11 Desember 2015 yang berkedudukan di Bandung Provinsi Jawa Barat sedangkan ijin pendirian AKPAR NHI Bandung.
AKPAR NHI Bandung dalam mewujudkan Visi dan Misi yang sudah ditetapkan, maka disusun tonggakan capaian (milestone) yang dituangkan dalam Rencana Pengembangan Jangka Panjang melalui penetapan oleh Yayasan Kopensi STPB
“Menjadi Perguruan Tinggi Vokasi Pariwisata yang Unggul dan Memiliki Daya Saing Global Pada Tahun 2042”
- Menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang perhotelan yang berkualitas, dengan menerapkan kurikulum yang adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
- Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang perhotelan.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Mengembangkan jejaring kerja sama bidang perhotelan dengan dunia kerja dan industri di tingkat nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
- Menghasilkan lulusan bidang perhotelan yang kompetitif, adaptif, responsif, dan berjiwa wirausaha sehingga mampu bekerja secara profesional dengan percaya diri,
berdedikasi, berintegritas, berbudi pekerti luhur, dan berbudaya. - Menghasilkan berbagai temuan inovatif untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang perhotelan sehingga mampu memberikan kontribusi kepada industri perhotelan, pemerintah, dan masyarakat.
- Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang perhotelan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Terjalinnya kerja sama bidang perhotelan dengan dunia kerja dan industri di tingkat nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
A.
- Menyelenggarakan seleksi penerimaan mahasiswa baru
- Menetapkan kompetensi lulusan yang dinyatakan dalam rumusan Capaian pembelajaran lulusan sesuai KKNI
- Menetapkan kedalaman dan keluasan materi pembelajaran mengacu pada capaian pembelajaran lulusan
- Melaksanakan pembelajaran pada program studi untuk memperoleh capaian pembelajaran lulusan
- Menetapkan penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa dalam rangka pemenuhan capaian pembelajaran lulusan
- Menetapkan mata kuliah unggulan berdasarkan masukan stakeholder
sesuai dengan perkembangan ilmu pariwisata di era globalisasi - Meningkatkan kreatifitas mahasiswa untuk mendapatkan prestasi bertaraf nasional
- Meningkatkan kemampuan skill mahasiswa
- Melaksanakan workshop evaluasi dan penyusunan kurikulum
- Mengintegrasikan penelitian dan PkM ke dalam pembelajaran
- Mewujudkan suasana akademik yang kondusif
- Melaksanalan pembelajaran bilingual
- Meningkatkan kemampuan sivitas akademika dalam Bahasa asing
- Melaksanakan PKL
- Melaksanakan magang internasional
- Mengadakan tukar- menukar mahasiswa internasional
- Mengadakan program sertifikasi kompetensi
- Mengadakan program pendidikan etika
- Mengadakan program untuk meningkatkan Character Building bagi sivitas akademika,
- Menyelenggarakan layanan informasi kerja dan bimbingan karir
- Menyelenggarakan tracer study bagi alumni
- Memberikan dukungan terhadap kegiatan dalam organisasi alumni
- Memberikan dukungan terhadap kegiatan dalam organisasi kemahasiswaan
- Mengadakan layanan kemahasiswaan
- Menyelenggarakan survei kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik dan non akademik
- Melaksanakan studi banding bagi mahasiswa
B.
- Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat dengan tema sesuai keunggulan
- Meningkatkan kemampuan dosen dalam penyusunan proposal dan artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk memperoleh hibah eksternal dan publikasi
- Peningkatan tata kelola jurnal internal
- Pematenan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
- Menyelenggarakan Pendanaan dan Pembiayaan Penelitian & PkM
C.
- Mengembangkan pelaksanaan Tri Dharma PT
- Menyelengarakan Pelaksanaan Tridharma
D.
- Menyelenggarakan pengadaan Sarana & Prasarana
- Terlaksananya pembangunan Gedung 1 dan 2
- Melengkapi prasarana laboratorium
- Menyelenggarakan pengelolaan sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran
- Melengkapi fasilitas sarana dan prasarana penunjang proses penelitian dan pengabdian masyarakat terkini
- Menerapkan Sistem Manajemen Administrasi Terpadu (SMARTCAMPUS)
E.
- Menyelaraskan VMTS antara institusi dengan prodi
- Melaksanakan sosialisasi VMTS kepada sivitas akademika dan
stakeholder - Melaksanakan evaluasi pemahaman VMTS kepada sivitas
- Menjalankan job desk sesuai struktur organisasi yang berlaku
- Menerapkan fungsi pengelolaan fungsional dan operasional yang meliputi planning, organizing, staffing, leading, controlling
- Melaksanakan fungsi kepemimpinan operasional, organisasi dan publik
- Mengembangkan kualitas dan kualifikasi Dosen sesuai bidang keilmuan
- Meningkatkan kreatifitas dosen untuk mendapatkan prestasi
- Meningkatkan jumlah dosen yang memiliki jabatan fungsional Pendidikan dan tersertifikasi dalam sertifikasi dosen (SERDOS)
- Meningkatkan kinerja tenaga kependidikan dengan melaksanakan evaluasi secara berkala
- Menyelenggarakan Pengembangan SDM
- Meningkatkan kinerja tenaga kependidikan dengan melaksanakan evaluasi secara Berkala
- Meningkatkan kualitas kelembagaan perguruan tinggi
- Meningkatkan motivasi staf dan karyawan dengan memberikan tunjangan Pendidikan dan fungsional
- Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja
- Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan dana
Hospitalitas
merupakan suatu keyakinan yang melekat bahwa untuk mencapai visi dan misi lembaga harus diikuti dengan mental melayani. Hal ini disesuaikan dengan istilah yang diambil dari bahasa sansekerta yaitu “Sukhatiti Dharmotama” yang berarti “melayani dan menyenangkan hati anda adalah tugas utama kami”.
Integritas
merupakan suatu keyakinan dan semangat yang melekat guna mencapai visi dan menjalankan misi yang dilandasi oleh kejujuran, kesopan- santunan, kedisiplinan dan kemauan kerja keras serta loyalitas dalam rangka menjunjung mutu kualitas guna pencapaian Visi dan implementasi Misi.
Sempurna
merupakan suatu prinsip dalam upaya pencapaian visi dan misi melalui tindakan-tindakan yang senantiasa dikerjakan dengan utuh, lengkap, dan tanpa cacat; artinya sebuah semangat untuk berkarya dalam menjalankan fungsi dan peran yang selalu berprinsip kepada hasil yang terbaik.
Terpercaya
merupakan suatu semangat menjalankan Misi menuju Visi yang dilandasi sikap jujur, amanah, dan integritas tinggi; sehingga bagi siapapun yang berhubungan dengan insan AKPAR NHI Bandung tidak meragukan kehandalannya akan penyelesaiannya (paripurna).
Professional
merupakan cerminan akan taat azas, aturan, akuntabel, memiliki disiplin tinggi, dan komitmen yang utuh terhadap tugas yang diembannya, sehingga menghasilkan kesempurnaan hasil pekerjaannya.
Berkepribadian
merupakan suatu prinsip yang melekat bahwa dalam upaya mencapai Visi dan Misi, AKPAR NHI akan tetap mempertahankan jati diri dan kepribadian sebagai bangsa Indonesia.