Create: 12/07/2016 - 15:22

Program Studi

PROGRAM DIPLOMA III PERHOTELAN

AKREDITASI "B" BAN PT

Industri pariwisata adalah lokomotif pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan, industri Pariwisata dunia berkontribusi terhadap pertumbuhan sepertiga bagian dari perdagangan dunia dalam dekade terakhir. Total nilai keseluruhan dampak ekonomis yang dihasilkan dari industri pariwisata dunia adalah lebih dari tiga kali lipat dari nilai ekonomis kontribusi langsung Industri Pariwisata itu sendiri. Tahun 2010 Indonesia termasuk 10 besar yang menyerap tenaga kerja bidang pariwisata. Tingkat pertumbuhan ketersediaan lapangan kerja dapat mencapai penambahan 150.000 sampai dengan 1,1 juta pertahun. Dampak dari pertumbuhan pariwisata tersebut mempengaruhi terhadap pertumbuhan jumlah hotel baik di dalam negeri maupun luar negeri sehingga industri perhotelan dan pariwisata terus membutuhkan tenaga kerja yang ahli dan profesional.

Untuk menjawab tuntutan tersebut AKPAR NHI sudah membuka program studi Perhotelan pada tahun 2001 yang hadir untuk mencetak alumni yang memiliki ilmu perhotelan berkualitas untuk mengelola usaha pariwisata khususnya operasional perhotelan, go international,kreatif, efisien dan berjiwa wirausaha dalam menunjang terwujudnya insan pariwisata khusunya bidang perhotelan yang penuh tanggung jawab dalam mengemban tugas kewajiban baik selaku pribadi maupun selaku warga masyarakat.

Program studi Perhotelan adalah suatu program pembelajaran yang menerapkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan ilmu perhotelan jasa lainnya dalam bidang perhotelan. Sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dalam memadukan ketrampilan praktis dan pengetahuan manajemen di sektor kepariwisataan, khususnya di dunia perhotelan, telah menjadi tuntutan mutlak di tengah perkembangan industri perhotelan yang pesat di Indonesia.

Detail

Waktu Studi 6 Semester ( 3 - 5 Tahun )
Beban SKS 110 - 120 SKS
Gelar Ahli Madya (A.Md.Par)
  • Ijin Pendirian dan penyelenggaraan program studi dari DIKTI No : 21/D/O/2002
  • Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) No : 0060/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/II/2016

Program Diploma III  Perhotelan dibagi menjadi 4 program konsentrasi/ peminatan diantaranya :

  • Rooms Division Service
  • Food & Beverage Service
  • Kitchen
  • Pastry

POLA, TUJUAN, VISI, MISI, CAPAIAN PEMBELAJARAN (PROGRAM STUDI)

Pola Perkuliahan

Pola pembelajaran yang dilaksanakan di AKPAR NHI mengacu kepada Swiss Model Hotel School.
Pola pembelajarannya satu minggu teori, satu minggu praktik, lama pembelajarannya dalam satu semester kurang lebih 21 minggu.

Semester 1 dan 2 mahasiswa akan belajar teori dan praktik di kampus, pada semester 3 mahasiswa akan melaksanakan On The Job Training (Praktik kerja lapang di Hotel/Industri) selama satu semester atau 6 bulan.
Semester 4 mahasiswa akan belajar kembali teori dan praktik di Kampus selama satu semester.
Semester 5 mahasiswa akan melaksanakan On The Job Training ke dua (Praktik kerja lapang di Hotel/Industri) selama satu semester, selama On The Job Training ke dua mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan penelitian di tempat praktik sebagai bahan untuk laporan Tugas Akhir nanti, sehingga pada saat berakhir mahasiswa tersebut sudah mempunya permasahalan dan bekal untuk menyusun tugas akhir dan semester 6 mahasiswa belajar seputar manajemen operasional sekaligus menyelesaikan penyusunan tugas akhir.

Tujuan Program Studi
  • Tujuan pendidikan Program Studi Operasional Perhotelan adalah menghasilkan sumber daya manusia (lulusan) sebagai tenaga-tenaga profesional yang mampu memadukan antara kemampuan skill,disiplin, berdaya saing tinggi dan penguasaan manajemen yang berbasis pada standar kompentensi untuk bidang Operasional Perhotelan.
  • Lulusan akan memiliki keunggulan dalam keterampilan, pengetahuan yang berkualitas dan memiliki integritas, kepribadian yang tinggi dan dasar pengetahuan, pandangan dan wawasan untuk menduduki posisi supervisor khususnya di bidang industri perhotelan di seluruh dunia.
  • Memahami dasar-dasar pengetahuan di bidang perhotelan, manajemen, mengadaptasi sistem akuntansi & pengendalian untuk kepentingan sistem informasi perhotelan.
  • Mampu dan terampil mengelola administrasi manajemen hotel (pemasaran, keuangan, operasi, dan sumberdaya manusia) sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.
  • Mampu dan terampil melaksanakan pencatatan transaksi keuangan perhotelan sesuai dengan standar yang berlaku, terampil menyusun laporan keuangan dan laporan informasi lain untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan di bidang perhotelan.
  • Mampu menerapkan administrasi perhotelan dengan menggunakan sistim informasi manajemen sesuai dengan perkembangannya.
  • Mampu berkomunikasi secara profesional dan memiliki pribadi yang unggul sebagai pendukung profesionalismenya.
  • Menjalin jaringan kerjasama dengan asosiasi profesi dan industri di bidang jasa perhotelan
  • Menganalisis rencana kebutuhan hotel, merencanakan prinsip-prinsip pengelolaan hotel dan menilai sumber dana & pemanfaatannya bagi hotel
  • Mampu menciptakan peluang-peluang bisnis dalam berbagai sub sektor hospitaliti (manajemen acara hotel, dsb).
Visi Program Studi

Menghasilkan tenaga Diploma Perhotelan yang profesional dan bermanfaat bagi masyarakat serta mampu menghadapi persaingan pasar nasional pada tahun 2017.

Misi Program Studi
  • Menyelenggarakan pendidikan yang berstandar nasional dan mampu menerapkan etika Perhotelan profesional serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan khususnya ilmu Perhotelan.
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian khususnya dibidang ilmu kepariwisataan untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan ilmu Perhotelan.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan dan pelatihnan dibidang hospitality (pelayanan).
  • Menjalin kerjasama dengan instansi ditingkat regional dan nasional.
Sasaran Program Studi
  • Meningkatkan mutu lulusan dengan indikator :
  1.     Rata-rata IPK lulusan diatas 3,0
  2.     Rata-rata lama masa studi lulusan 3 tahun
  3.     Rata-rata waktu tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan pertama kurang 6 bulan
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan jumlah minimal 3 kegiatan setiap tahunnya.
  • Meningkatkan kualitas kegiatan penelitian bagi dosen dengan jumlah penelitian sebanyak 6 judul tiap tahun
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama / kemitraan dengan pihak hotel yang berorientasi pada upaya untuk mencarikan lapangan kerja bagi lulusan
Strategi Pencapaian
  • Meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas maupun di lab praktik.
  • Meningkatkan kualitas dosen melalui studi lanjut, pelatihan, seminar, lokakarya.
  • Meningkatkan kualitas proses pembimbingan akademik.
  • Meningkatkan pelatihan keprofesian, workshop, kuliah tamu dan seminar bagi mahasiswa.
  • Membangun gedung atau sarana pembelajaran, sarana/fasilitas praktik, melengkapi literatur, sarana penunjang lainnya.
  • Memberikan pelatihan penyusunan proposal hibah-hibah penelitian, memfasilitasi bagi dosen yang akan melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat kelembaga pemerintah/swasta.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja sama dalam bidang praktik kerja lapang dan dengan pengguna lulusan ditingkatan regional maupun nasional
Capaian Pembelajaran

A. Sikap Tata Niai :

  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

B. Ketrampilan Umum :

  • Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai , baik yang belum maupun yang sudah baku ;
  • Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;
  • Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya, didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
  • Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih, serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
  • Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya
  • Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya , dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

C. Ketrampilan Khusus :

Bisa dilihat di masing masing program peminatan

Peluang Pekerjaan

Lulusan program studi D-III Operasional Perhotelan AKPAR NHI Bandung dapat bekerja pada bidang pariwisata, Hotel, restauran, kapal pesiar, dapat pula bekerja di maskapai penerbangan, maupun membuka usaha sendiri. Penguasaan seluruh bidang profesi disertai pemahaman program operasional perhotelan dengan ‘On The Job Training’ di hotel berbintang selama dua semester, menjadi jaminan mutu dalam mengembangkan karier lebih tinggi hingga ke Top Level manajemen di berbagai industri.